Lemari Es Bau ? Simak Tips Perawatannya!

Tips Simpan Makanan di Lemari Es
Lemari Es memang merupakan peralatan rumah tangga yang sangat dibutuhkan untuk menyimpan makanan agar tetap fresh. Namun kebiasaan para ibu yang selalu memasukkan berbagai jenis makanan ke dalam lemari es, ini tentunya akan menyebabkan lemari es menjadi bau. Padahal ada beberapa yang perlu diperhatikan, bahwa beda jenis makanannya, maka tempat peyimpanan di lemari es juga seharusnya berbeda juga.

Lemari Es menjadi bau, tentunya para ibu dan anggota rumah tidak mau hal ini menimpa Anda. Lemari Es Bau ? Simak Tips Perawatannya  dan tempat penyimpanan makanan yang tepat di lemari es, sehingga makanan Anda tidak tercemar dengan makanan yang lain.

  • Buah & Sayur

Memang ketika buah dan sayur disimpan ditempat yang lembab, maka buah dan syur tersebut dapat bertahan lebih lama. Oleh karena itu, untuk buah dan sayur ditempatkan pada laci buah dan sayuran pada lemari es. Namun dalam penyimpanannya, Antara buah dan sayuran sebaiknya dipisahkan dengan 2 tempat penyimpanan yang berbeda. Kenapa ? Ini karena buah mengeluarkan gas ethylene dank arena gas itu sayuran akan mudah membusuk.

Penting sebelum menyimpan buah dan sayuran ke dalam lemari es, maka pastikan wadah yang digunakan jangan yang kedap udara. Karena akan membuat buah dan sayuran menjadi layu dan busuk.

  • Daging & Seafood

Untuk daging dan seafood (makanan laut) memang sudah harus ditempatkan di bagian bawah rak lemari es. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang dengan makanan lainnya. Maka dari itu, pastikan untuk selalu memisahkan daging plus seafood dari makanan lainnya.

  • Susu

Untuk kelompok susu dan produk susu olahan lain seperti yogurt, tempat penyimpanan terbaik adalah di rak bagian atas lemari es. Pastikan juga jauhkan produk susu dari makanan yang memiliki bau yang tajam karena bisa merusak rasa susu itu sendiri.

  • Telur & Keju

Untuk penempatan telur, sebaiknya di rak lemari es yang lebih rendah untuk menjaga kelembabannya. Sama halnya dengan sayuran, buah, telur dan keju membutuhkan tempat yang hangat. Oleh karena itu, butuh laci dengan kelembabab yang pas.

  • Bumbu & Rempah

Seharusnya bumbu dan rempah tidak perlu disimpan dalam lemari es. Namun jika memang Anda inginkan menyimpannya di lemari es, maka letakkan di rak pintu lemari es karena suhu  ditempat tersebut selalu naik turun. Pada umumnya, bumbu dan remaph tidak akan bertahan lama jika disimpan dalam lemari es, karena akan berubah dari segi rasa.

  • Sisa Makanan

Menempatkan sisa makanan pada di dalam lemari es, sebaiknya di rak yang dengan mudah Anda melihatnya ketika membuka pintu lemari es. Namun jika sudah melewati 4 hari, maka sebaiknya tidak dikonsumsi dan langsung dibuang saja karena takut berdampak buruk pada kesehatan Anda jika tetap dimakan.

Jadi, sudah sepantasnya setiap makanan untuk diletakkan sesuai pada tempatnya. Biasanya juga di setiap lemari es sudah disediakan rak-rak yang bergambar khusus untuk setiap jenis makanan yang akan disimpan di dalamnya. –apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...