Tips Lancar Bayar Cicilan Rumah

Tips Lancar Bayar Cicilan Rumah
Informasi Dan Tips Menarik - Kini banyak keluarga kecil yang mempunyai rumah dengan cara mencicil atau mengikuti program Mandiri KPR. Namun banyak keluarga juga yang pada akhirnya tidak mencukupi ketika mencicil angsuran karena tidak cukupnya penghasilan. Oleh karena itu, butuh cara yang tepat dalam mengelola pengeluaran keuangan keluarga untuk bisa memenuhi kebutuhan dan juga membayar cicilan kredit rumah. Bagaimana cara untuk menyisihkan pengeluaran untuk angsuran rumah ?

Ketika memutuskan untuk memiliki rumah dengan ssistem kredit dari Mandiri KPR, maka sudah seharusnya Anda harus bisa menyisihkan anggaran setiap bulan untuk membayar angsuran tersebut. Jika tidak, maka Anda akan kelabakan ketika jatuh tempo datang. Oleh karena itu butuh perencanaan yang matang dalam mempersiapkan dana ketika memutuskan untuk kredit rumah. Mau tahu bagaimana Tips Lancar Bayar Cicilan Rumah ?

  • Identifikasi Sumber Pendapatan Setiap Bulan

Kredit rumah dengan Mandiri KPR tentunya harus ada anggaran khusus untuk membayar cicilannya setiap bulan. Cicilan kredit rumah juga tentunya tidak sedikit, oleh karena ini Anda perlu untuk menghitung semua sumber pendapatan untuk mengetahui kemampuan dari finansial keluarga. Apakah penghasilan keluarga hanya dari Anda saja atau istri yang masih bekerja. Selain gaji bulanan yang didapat, dan ada penghasilan tambahan maka Anda harus hitung semua itu.

  • Buat Daftar Pengeluaran

Setelah selesai seluruh penghasilan Anda setiap bulan, maka langkah selanjutnya buat daftar pengeluaran selama 1 bulan. Perhitungan pengeluaran ini tentunya bisa dilihat dari daftar belanja bulanan dengan mencatat dengan rapi. Daftar pengeluaran tersebut bisa dikelompokkan menjadi 2 seperti pengeluaran pokok dan tambahan. Seperti belanja bulanan, angsuran kredit rumah, SPP sekolah anak, bayar tagihan (listrik, telepon, internet, air). Dan untuk pengeluaran tambahan seperti biaya liburan, makan di luar dan sebagainya.

  • Jangan Lupakan Hutang

Hutang seperti tagihan kartu kredit, mengembalikan pinjaman, dan lainnya tentunya tidak boleh dilupakan. Jika hutang ini harus segera dilunasi, maka masukkan ke dalam daftar pengeluaran utama dan harus dilunasi.

  • Hitung Rencana Keuangan Lagi

Hitung kembali semua pendapatan Anda, sekaligus pengeluaran dan hutang Anda miliki. Rencanakan kembali semua guna bisa menutupi hutang dan pengeluaran rutin bulanan. Jika memungkinkan, prioritaskan hutang dan angsuran menjadi lebih penting.

  • Kurangi Pengeluaran

Kurangi pengeluaran yang jika dirasa tidak perlu. Ini harus dilakukan jika memang pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pendapatan Anda. Stop belanja yang tidak penting, dan gunakan uang dengan bijak sehingga semua pengeluaran dapat dipenuhi termasu untuk membayar angsuran kredit rumah.

Semoga mengikuti tips lancer bayar cicilan rumah bisa membantu Anda dalam mengatur pengeluaran sehingga bisa memenuhi semua kebutuhan termasuk membayar cicilan rumah. –apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...