Lemak Baik Dan Lemak Buruk, Bagaimana Cara Membedakannya ?

Lemak Baik Dan Lemak Buruk
Tips Mengecilkan Perut  terbaik adalah dengan mencoba menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemak. Namun tidak semua lemak itu buruk untuk tubuh dan membuat tubuh menjadi gemuk. Terlepas dari hal tersebut, lemak sendiri sebenarnya mempunyai fungsi sebagai energy tambahan bagi tubuh. Akan tetapi jika dikonsumsi terlalu berlebihan, ini tidak bagus untuk tubuh. Oleh karena itu, kita perlu pintar-pintar memilih dan membedakan lemak mana yang baik untuk dikonsumsi atau lemak mana yang perlu dihindari.

Tips Mengecilkan Perut dengan menghindari lemak tentunya sangat dianjurkan. Namun sebelum melakukan tips mengecilkan perut ini, sebaiknya mengentahui dulu lemak baik dan lemak buruk, bagaimana cara membedakannya ?

Minyak Mana Yang Sehat ? 

Lemak bisa membantu jantung menjadi sehat jika Anda dapat memilihnya dengan tepat. Kebanyakan dari kita yang mengikuti tips mengecilkan perut menghindari lemak dan menggantinya dengan karbohidrat olahan. Sehingga ini dapat membuat kita menjadi kehilangan manfaat dari lemak sehat. Seorang ahli gizi dan diet, Suzanne Rostler mengatakan bahwa dengan banyak makan karbohidrat olahan seperti roti putih dan nasi putih ini malah akan meningkatkan kadar trigliserida. Di mana dengan tinggi nya kadar trigliserida akan menyebabkan penyakit jantung dan juga kerusakan pada pembuluh darah.

Lemak Tak Jenuh Ganda

Lemak tak jenuh ganda ini bukan lemak yang akan membuat tubuh anda menjadi gemuk. Karena lemak tak jenuh ganda bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol, sehingga mampu membantu bagi anda yang sedang menjalankan program dan tips mengecilkan perut. Untuk mendapatkan lemak tak jenuh ganda ini sangaat mudah, cukup banyak konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian minyak nabati, ikan, jagung.

Lemak Tak Jenuh Ganda


Lemak Jenuh

Lemak jenuh ini akan meningkatkan kolesterol dan termasuk dalam kategori lemak jahat (LDL). Selain Itu lemak jenuh ini juga akan menyebabkan resiko terkena penyakit diabetes. Daging, seafood, dan segala macam jenis produk susu adalah sumber dari lemak jenuh ini. Namun tidak hanya itu saja, beberapa makanan nabati seperti kelapa dan minyak kelapa juga mengandung lemak jenuh yang akan membawa resiko yang sama.

Lemak Jenuh


Jika ingin tetap konsumsi jenis makanan di atas, maka pilihlah yang rendah lemak atau bebas lemak sama sekali untuk tetap mendapatkan nutrisi utama dan tetap memotong lemak jenuh yang ada. Namun ada rekomendasi dari The Dietary Guidelines, usahakan untuk tidak melebihi 10% lemak jenuh yang dikonsumsi pada total kalori pada setiap jenis makanan. Jika Anda makan sebanyak 2.000 kalori dalam 1 hari, maka asupan berupa lemak jenuh harus di bawah 22 gram.

Lemak Tak Jenuh

Lemak tak jenuh sebagian besar memang baik, meskipun secara teknis lemak tak jenuh ini bisa dikatakan sebagai lemak trans. Lemak tak jenuh ini berupa bahan cair, sedangkan lemak trans cenderung padat. Untuk meningkatkan lemak tak jenuh, maka ganti penggunaan mentega dengan minyak zaitun atau minyak nabati lainnya.

Lemak Tak Jenuh

Lemak Tak Jenuh Tunggal

Lemak tak jenuh tunggal akan mampu menurunkan kadar jenuh (LDL) dan akan meningkatkan kadar lemak tak jenuh (HDL). Minyak canola, minyak zaitun, minyak kacang, kacang-kacangan, biji-bijian , dan alpukat merupakan sumber asupan yang baik.

Lemak Tak Jenuh Tunggal

Asam Lemak Omega 3

Dalam lemak, omega 3 merupakan yang terbaik. Omega 3 mempunyai peran untuk melawan peradangan, mengontrol pembekuan dalam darah, dan juga menurunkan tekanan darah dan trigliserida. Omega 3 dapat didapatkan jika rutin konsumsi ikan berlemak seperti ikan tuna, salmon, makarel, dan juga sarden. Karena itu banyak ahli gizi dan kesehatan menyarankan untuk konsumsi ikan setidaknya 2 porsi setiap minggunya.

Asam Lemak Omega 3

Lemak Trans

Lemak Trans adalah minyak cair yang dicampur dengan hydrogen sehingga akan tetap padat. Lemak Trans ini dapat ditemukan dalam makanan  olahan dan juga gorengan. Lemak Trans ini meningkatkan kadar kolesterol dan LDL (kolesterol jahat), dan menurunkan kadar kolesterol / lemak baik (HDL).

Lemak Trans

Asam Lemak Omega 6

Sebagian besar dari kita semua tentunya tidak akan merasa kesulitan dalam mendapat asupan yang mengandung asam lemak omega 6. Ini karena kandungan asam lemak omega 6 dapat didapatkan ketika kita konsumsi minyak sayur  dan berbagai jenis makanan ringan. Dalam diet yang dijalankan oleh orang Barat, perbandingan atau rasio omega 6  dengan omega 3 adalah 10 banding 1. Karena itu omega 6 bisa mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung.

Asam Lemak Omega 6

Kolesterol

Pemahaman ilmiah tentang bahaya dari tips mengecilkan perut dengan diet kolesterol telah berganti dan bergeser. Di mana dulu, diet kolesterol yang konsumsi udang atau telur akan meningkatkan kadar kolesterol. Sekarang telah berubah menjadi melakukan diet yang fokus untuk menghindari makanan mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Kolesterol


Bagi orang yang kadar kolesterol nya normal, konsumsi telur tidak lebih dari 300mg setiap hari. Sedangkan untuk orang-orang yang beresiko tinggi penyakit jantung, harus konsumsi kurang dari 200mg. Dalam 1 butir telur, ini mengandung 200mg kolesterol.

Jadi, dengan tips dan informasi di atas Anda akan lebih mudah untuk membedakan antara lemak baik dan lemak jahat. –apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...