Tips Hemat Baterai Kamera

Baterai Kamera
Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia sudah 5 tahun melayani para konsumen yang ingin membeli kamera, lensa, dan aksesoris seperti baterai kamera. Baterai kamera merupakan komponen penting dalam sebuah kamera.  Oleh karena itu, Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia juga menyediakan beberapa pilihan baterai untuk berbagai jenis dan merk kamera baik digital maupun SLR/DSLR.

Baterai kamera memang perangkat penting, oleh karena itu pemilik kamera sudah tentu harus memperhatikan perawatan dan juga hemat dalam penggunaannya. Apalagi jika kita bepergian liburan ke tempat dengan kondisi tidak ada colokan listrik dan cadangan baterai yang terbatas. Sayangkan jika baterai habis dan liburan menjadi tidak berkesan.  Maka diperlukan startegi dalam menghemat penggunaan kamera, sehingga baterai akan menjadi lebih awet. Ada Tips Hemat Baterai Kamera yang bisa dilakukan agar konsumsi baterai lebih awet.

  • Gunakan Manual Fokus Saja

Ini memang diperuntukkan bagi pemakai kamera DSLR atau mirrorless, namun kondisi ini selama kamera tersebut punya fitur manual fokus dan juga punya focusing ring pada lensa.  Dengan menggunakan sistem manual fokus, maka dapat kamera menghemat baterai. Yang pasti ini dilakukan jika Anda paham menggunakan manual fokus.

  • Minimalisi Penggunaan Layar LCD

Menggunakan layar LCD tentunya kita sudah tahu bahwa akan membutuhkan banyak energy dan menghabiskan daya baterai kamera. Untuk menghemat baterai, maka jika tidak benar-benar tidak butuh menyalakan layar LCD maka matikan saja. Untuk hemat baterai, gunakan saja view finder untuk membidik ketika mengambil gambar.

  • Nonaktifkan Image Stabilizier / Vibration Reduction

Stop gunakan IS/VR, karena itu merupakan cara untuk menghemat baterai hingga 20% lebih lama. Ini karena IS/VR sangat membutuhkan banyak energy baterai untuk menggerakkan elemen dalam lensa untuk membuat foto menjadi lebih tajam.  Memang aneh dan saying dimatikan, namun ini jauh lebih baik untuk menghemat baterai kamera.

  • Menaikkan ISO dan Kurangi Penggunaan Flash

Flash akan membuat baterai menjadi boros. Jika kondisi tempat yang tidak memungkinkan Anda melakukan pengisian baterai, maka naikkan pengaturan ISO. Ini dilakukan mengurangi kebutuhan akan flash bisa dikurangi.

  • Foto Lebih Selektif

Jika kondisi nya memang tidak ada colokan listrik, maka cobalah untuk mengambil moment dengan selektif. Atau mau coba foto makro dengan kamera digital, simak dan baca Tips Foto Makro Dengan Kamera Saku.

Semoga tips hemat baterai kamera ini bisa membantu Anda ketika Anda berada di tempat yang minim saluran listrik. -apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...