Tips Praktis Perawatan Mesin Cuci

Mesin Cuci merupakan sebuah mesin yang dirancang untuk membersihkan berbagai jenis pakaian dan peralatan rumah tangga lainnya seperti handuk dan sprei. Mesin cuci dalam proses pencucian pakaian tentunya dibantu dengan detergen sebagai cairan pembersih pakaian. Mesin cuci juga mempunyai berbagai jenis, namun ada 2 jenis mesin cuci yang banyak digunakan mesin cuci top loading (bukaan atas), dan mesin cuci front loading (bukaan depan).

Perawatan Mesin Cuci

Mesin Cuci & Cara Praktis Perawatannya


Mesin Cuci dipakai untuk membantu para ibu rumah tangga dalam mencuci pakaian seluruh anggota keluarga. Namun mesin cuci adalah perangkat elektronik yang pasti mempunyai masa pemakaian. Aksn tetapi untuk tetap awet dan tahan lama, tentunya semua perangkat rumah tangga harus dirawat dengan rutin termasuk juga mesin cuci. Apakah harus meminta seorang teknisi untuk membersihkan mesin cuci ? Jawabannya, tidak selalu karena perawatan mesin cuci ini bisa dilakukan bunda di rumah sendiri ditambah caranya pun tidak sulit. Berikut Tips Praktis Perawatan Mesin Cuci :
  • Bersihkan laci detergen. Usakan untuk selalu membersihkan laci tempat menaruh detergen. Jika perlu, lepaskan laci tersebut, dan kemudian bersihkan menggunakan sikat gigi bekas pakai. Ini dilakukan karena laci detergen ini jika dibiarkan kotor, akan menjadi sarang bakteri dan jamur yang dapat bisa menyebabkan mesin cuci menjadi rusak.
  • Filter atau saringan juga dibersihkan. Dalam mesin cuci ada saringan kotorang atau filter untuk menampung semua kotoran dari pakaian yang dicuci. Untuk itu perlu dibersihkan secara rutin dan buang semua kotoran yang ada pada filter tersebut.
  • Jangan lupa bersihkan tabung mesin cuci. Tabung mesin cuci merupaka elemen mesin cuci yang sangat penting. Namun tabung juga bisa menjadi sarangnya kotoran dan bakteri jika tidak dibersihkan biarpun terlihat putih dan bersih. Cara membersihkannya cukup mudah dan praktis, isi tabung dengan air panas dan biarkan tabung bekerja layaknya ketika mencuci pakaian.
  • Cegah bau tidak sedap dengan membiarkan pintu mesin cuci terbuka. Namun jangan seluruhnya dibuka, ini dilakukan untuk membuat adanya sirkulasi udara di dalam mesin cuci. Selain itu hal ini dilakukan untuk mencegah pertumbuhan bakteri.
  • Gunakan detergen yang berkualitas. Usahakan untuk memilih detergen yang memang digunakan untuk mencuci pakaian dengan mesin cuci. Ini karena detergen, pelembut yang kualitas kurang baik akan menjadi penyebab pertumbuhan jamur, bakteri, dan juga bau yang tidak sedap pada mesin cuci.
Cukup praktis kan artikel informasi mengenai tips perawatan mesin cuci di atas. Semoga informasi dan tips menarik ini bisa membantu dan memudahkan Ibu dalam menjaga mesin cuci milik Anda awet dan tahan lama. –apuy-

12 comments:

  1. Terima kasih sudah berbagi tips. Kita seringkali kurang peduli dengan perawatan barang padahal sekali rusak bikin pening kepala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali sudah mau datang dan membaca artikel ini.
      iyah tuh gan, memang benar masalah perawatan sering kita sepelekan padahal jika dilakukan rutin itu sama saja dengan menghemat pengeluaran.

      Hapus
  2. Balasan
    1. terima kasih sudah datang dan membaca artikel yang saya tulis, semoga bisa memberikan manfaat

      Hapus
  3. Balasan
    1. sama-sama mba rina, semoga bisa menjadi manfaat
      terima kasih telah datang

      Hapus
  4. Balasan
    1. semoga bisa bermanfaat dan diimplementasikan di mesin cuci nya yah
      salam kenal

      Hapus
  5. Menarik dan sangat bermanfaat infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah mau datang ke blog dan membaca artikel ini.
      semoga bisa bermanfaat

      Hapus
  6. Kalo merk, adakah direkmndasikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo di rumah, saya gunakan merk Sharp dan alhamdulillah masih ok

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...