Efisien Gunakan Air Conditioner = Hemat Uang

Efisien Gunakan Air Conditioner
Air Conditioner sebagai salah satu perangkat rumah tangga yang kini menjadi sebuah kebutuhan. Namun penggunaan air conditioner memang memerlukan energi listrik yang cukup tinggi. Rata-rata pemilik rumah akan menghabiskan biaya yang cukup besar untuk penggunaan air conditioner tersebut. Apalagi ketika musim panas / kemarau datang, pasti penggunaan air conditioner pasti akan meningkat.

Tips Efisien Gunakan Air Conditioner


Air Conditioner dengan penggunaan yang efisien tentunya akan membuat Anda dapat menghemat uang. Efisien Gunakan Air Conditioner = Hemat Uang, tapi bagaimana caranya ? Berikut ini beberapa tips efisien gunakan air conditioner :

  • Sesuaikan Suhu

Untuk menghemat dalam menggunakan air conditioner tentunya dengan mengatur dan sesuaikan suhu. Tentunya ini berhubungan ketika rumah Anda tinggalkan, sebelum meninggalkan rumah sebaiknya turunkan suhu air conditioner untuk lebih menghemat energi yang digunakan.

  • Rajin Bersihkan Filter Udara

Ini memang merupakan salah satu cara merawat air conditioner. Namun tentunya ini juga berhubungan dengan penghematan dalam menggunakan air conditioner. Filter udara yang kotor akan sangat mengurangi efisiensi, dan malah akan menggunakan banyak energy dan tentunya biaya yang banyak juga. Periksa dan bersihkan filter udara pada air conditioner secara rutin atau minimal 1 bulan sekali. Untuk makin efisien dalam menggunakan air conditioner, ada ajuran untuk mengganti filter udara setiap 3 bulan sekali.

  • Lakukan Pemeriksaan Air Conditioner Tahunan

Jika jenis air conditioner yang Anda miliki adalah ac sentral, maka usahakan untuk melakukan pemeriksaan tahunan. Pemeriksaan ini mencakup proses pemanasan dan juga pendinginan dari air conditioner tersebut. Pemeriksaan ini bermanfaat untuk membuat penggunaan air conditioner menjadi lebih efisien dan menghindari kerusakan.

  • Pikirkan Ukuran Air Conditioner

Ukuran juga sangat menentukan jumlah besarnya biaya listrik yang akan Anda keluarkan setiap bulannya. Kenapa ? Tentunya memiliki unit air conditioner yang biasa akan membutuhkan jauh lebih sedikit energy daripada memiliki ac sentral. Jadi, sebelum membeli air conditioner, tentunya memeilih jenis ac juga harus dilakukan dengan tepat.

Semoga beberapa tips diatas bisa bermanfaat ketika menggunakan semua perangkat rumah tangga elektronik. Selamat mencoba! –apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...