Benjolan Pada Payudara, Tumor Atau Kanker ?

Penyakit Tumor ganas disebut kanker, dan jenis kanker payudara merupakan penyakit yang meneror setiap wanita. Kanker payudara merupakan ancaman serius, karena penyakit jenis ini menempati urutan pertama untuk para penderitanya khususnya para wanita. Tidak hanya di Indonesia, penyakit kanker payudara juga dialami di seluruh dunia. Oleh karena itu, butuh kewaspadaan dan rajin untuk melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan Payudara Dengan Alat Mamografi

Penyakit Tumor ganas seperti kanker payudara ini memang bisa dilihat dari adanya benjolan pada payudara. Namun tidak semua benjolan yang ada itu adalah kanker, karena fakta yang terjadi hanya 15% saja benjolan yang berkembang menjadi kanker. Menurut ahli medis, selain kanker benjolan yang ada bisa merupakan penyakit tumor jinak akan tetapi perlu diwaspadai juga. Penyakit tumor jinak ini sebenarnya tidak lebih berbahaya daripada kanker, karena tidak menyebabkan kegagalan organ yang dihinggapinya.

Penyakit Tumor jinak dan kanker tetap berbahaya, namun jelas ada perbedaan antara keduanya. Bagaimana cara membedakan dan menentukan Benjolan Pada Payudara, Tumor Atau Kanker ? Berikut ini beberapa cara-cara yang bisa digunakan :

  • Melihat pertumbuhan
Pertumbuhan penyakit tumor jauh lebih lambat dibandingkan penyakit kanker. Untuk pertumbuhan, penyakit kanker bisa 8-200 hari dan setiap harinya sel kanker bisa membelah lebih cepat dibandingkan dengan tumor.

  • Ketika diraba langsung
Ketika diraba, tumor jinak akan terasa lebih lunak kata Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Onkologi Indonesia (PP POI) Dradjat Ryanto Suardi. Ini karena benjolan berupa penyakit tumor tersebut bisa bergeser ketika ditekan. Beda dengan kanker, Dradjat Ryanto Suardi mengatakan bahwa jika diraba maka akan lebih terasa sampai tulang. Kenapa seperti ? Dradjat Ryanto Suardi menjelaskan bahwa sel-sel kanker pada umumnya melakukan infiltrasi (penyusupan) ke jaringan-jaringan disekitarnya, sehingga sulit untuk digerakkan.Untuk benjolan yang merupakan penyakit tumor ini bisa dilakukan sendiri. Biasanya untuk benjolan penyakit tumor pada payudara yang berukuran 1-2 cm bisa dengan mudah diraba.

Oleh karena, jika sudah terlihat benjolan pada payudara maka sebaiknya lakukan pemeriksaan sehingga para dokter akan bisa mengambil tindakan langsung untuk mengobati. Jadi, untuk Anda para wanita waspadalah terhadap penyakit kanker payudara! –apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...