Pilih Gitar Akustik Atau Elektrik ?

Jual Gitar, tentunya setiap toko alat musik pasti menjual alat musik tersebut. Siapa yang tidak menyukai musik ? Tentunya semua pasti akan menyukai musik, karena musik bisa membuat hati menjadi kembali riang dan semangat. Namun, bagaimana musik diperdengarkan tanpa adanya alat musik seperti gitar sebagai pelengkap ? Terasa aneh kan, dan bukan musik namanya jika tanpa alat music pendukungnya.

Gitar Akustik Atau Gitar Elektrik


Toko alat musik yang jual gitar tentunya akan memberikan pilihan gitar seperti gitar akustik atau gitar elektrik. Dalam membedakan antara gitar akustik dengan gitar elektrik sebenarnya cukup mudah dilakukan. Yuks kita simak beberapa hal mengenai kedua jenis gitar tersebut untuk lebih mengenal dan memudahkan Anda dalam memilih jenis gitar apa yang akan dipilih.

Gitar Akustik


Gitar akustik adalah salah satu jenis gitar yang banyak digunakan untuk bermain musik secara akustik. Ciri-ciri dari gitar akustik ini adanya bagian badan yang berlubang yang dapat menghasilkan suara relatif keras tanpa harus menggunakan penguatan elektrik. Suara yang dihasilkan oleh gitar akustik dari getaran senar gitar yang mengalir  di antara tulang leher gitar (nut) dengan jembatan leher gitar (brigde). Kemdian bunyi tersebut akan diperkuat oleh bagian pada badan gitar, dimana bagian tersebut sebagai lubang resonasi.

Gitar akustik ini yang kita tahu banyak dibuat menggunakan bahan dasar berupa kayu. Oleh karena itu, jenis kayu yang digunakan  juga akan mempengaruhi bunyi atau suara yang dihasilkan oleh gitar akustik tersebut.

Gitar Elektrik


Gitar elektrik merupakan salah satu jenis gitar yang ketika dimainkan membutuhkan amplifier dan loud speaker yang terhubung dengan listrik. Bunyi yang dihasilkan gitar elektrik ini dihasilkan dari getaran senar gitar yang terkena kumparan yang terdapat di bodi gitar atau biasa disebut “pick up”.

Bagian Penting Sebuah Gitar


Ada beberapa bagian-bagian dari gitar baik gitar akustik dan elektrik yang bisa mempengaruhi suara yang akan dihasilkan, diantaranya :
  • Head Strock (Kepala Gitar)
Kepala gitar terdapat lubang yang digunakan untuk memasukkan senar gitar sehingga suara gitar dapat diatur dan terasa merdu.
  • Tunning Key (Telinga Gitar/Pemutar Kunci)
Bagian gitar ini bisa mepengaruhi suara gitar yang akan dihasilkan. Dari Tunning Key ini tali senar ini diatur sehingga menghasilkan suara yang keluar dari gitar terdengar tidak fales.
  • Nut (Jembatan)
Bagian pada gitar ini dinamakan jembatan karena merupakan penghubung antara senar gitar ke tunning key.

  • Neck (Leher Gitar)
Pada bagian gitar ini terdapat garis-garis tekanan untuk penempatan tangan ketika gitar dimainkan.

  • Fret (Garis Tekanan)
Bagian pada gitar ini merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan not-not yang indah.

  • Freatboard Marker (Titik Tengah) 
Bagian ini merupakan tanda pertengahan jarak yang sama antara jembatan dan saddle (kuda-kuda).

  • Sound Hole (Lubang Suara)
Lubang pada gitar yang berfungsi memasukkan suara ke lorong badan sehingga menimbulkan suatu bunyi.

  • Strings (Senar)
Bagian ini merupakan bagian terpenting dari gitar akustik maupun elektrik. Akan percuma bila kita tahu tentang cara dan teknik bermain gitar tetapi gitar yang ada tanpa senar, maka akan bisa digunakan.

  • Saddle (Kuda-Kuda)
Bagian gitar ini berfungsi untuk memperkuat posisi senar gitar untuk menghasilkan bunyi dan suara yang bagus.

Jadi, Anda Pilih Gitar Akustik Atau Elektrik ? silahkan memilih ! –apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...