Cara Mudah Membersihkan Atap Rumah yang Berjamur

bersihkan atap
Sering terkena basahan air hujan dan paparan sinar matahari langsung, tidak ayal membuat bagian atap rumah pun turut berjamur. Meski jamur yang muncul ini tidak mengganggu penghuni rumah, akan tetapi jika terus dibiarkan tentu dapat mengurangi keeleganan bagian luar rumah. Yang paling merugikannya, sekalipun Anda sudah memiliki asuransi rumah tinggal dari asuransi AXA Indonesia, namun munculnya jamur pada bagian atap ini tentu saja tidak masuk ke dalam polis sehingga apabila terjadi sesuatu maka tidak akan diganti rugi oleh pihak asuransi.

Meskipun begitu, agar jamur ini hilang, maka Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini. Yuk, langsung disimak! (source: media.rooang)
  • Gosok atap dengan sikat. Rasanya tidak mungkin jika bisa membersihkan bagian atap rumah ini mengingat letaknya berada di bagian atas dan sulit untuk dijangkau. Eits, jangan salah dulu, Anda tetap bisa loh membersihkan atap rumah ini hanya dengan memanfaatkan sikat yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian. Gosoklah bagian atap yang berjamur tersebut dengan menggunakan sikat. Agar semakin mempermudah pekerjaan, maka gunakanlah kayu maupun tiang berukuran panjang.
  • Gunakan pembersih atap. Tidak hanya lantai yang ada pembersihnya, atap pun memiliki pembersih khusus yang terbuat dari bahan hidrogen peroksida. Dengan menggunakan pembersih ini, maka bisa dipastikan jamur yang mengendap pada bagian atap pun bisa hilang seketika. Namun, cairan pembersih ini bisa berfungsi bila Anda menyikatnya dengan menggunakan sikat. Atau pada saat menyikat atap, maka tambahkanlah cairan ini supaya atap bersih dengan sempurna.
  • Manfaatkan power washing. Power washing merupakan sebuah teknik pencucian dengan cara menggunakan semprotan air bertekanan tinggi. Biasanya, tekanan yang digunakan untuk membersihkan bagian atap ini adalah sekitar 1200 hingga 2000 psi. Dengan penggunaan penyemprotan satu ini, umumnya jamur yang melekat pada atap pun bisa hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, hati-hati saat menyemprotkan air, takutnya nanti malah atap rumah bergeser.
Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan jika Anda ingin membersihkan jamur yang mengendap di bagian atap rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya! –SH–

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...