Penyebab Senar Gitar Mudah Putus

 Penyebab Senar Gitar Mudah Putus
Ketika sedang berkumpul bersama teman atau keluarga, kehadiran alat musik ini sering menjadi pengakrab suasana. Meskipun ada beberapa peserta yang awalnya belum akrab atau belum saling mengenal, ketika seseorang mulai memainkan gitar yang dibelinya di toko alat musik dan yang lain bernyanyi bersana, maka suasana yang awalnya kaku bisa menjadi cair dan terasa lebih akrab. Karena itulah, kehadiran gitar dalam suatu acara seperti ini dianggap sangat penting.

Tentunya kita tidak ingin jika keseruan acara menjadi berkurang karena senar gitar yang putus saat ditengah permainan. Nah, supaya hal ini tidak terjadi ada baiknya jika kita mengetahui penyebab senar gitar menjadi mudah putus
  • Saat kita sedang menyetem senar untuk dimainkan, pastikan bahwa kita menyetemnya dengan benar. Jangan menyetem senar terlalu longgar karena akan mempengaruhi suara yang dihasilkan, namun jangan juga menyetemnya terlalu kencang karena selain mempengaruhi suara yang dikeluarkan gitar, juga akan membuat senar menjadi mudah putus. Khususnya untuk 3 senar yang berada di bawah, karena ketiga senar ini lebih tipis dibandingkan yang lainnya, sehingga lebih beresiko mudah putus.
  • Bersihkan senar gitar secara rutin setiap kali habis digunakan. Saat kita memainkan gitar, maka keringat dan kotoran yang ada di tangan kita akan menempel pada senar gitar. Jika hal ini terus dibiarkan, senar akan menjadi cepat berkarat dan mudah terkikis. Hal ini juga akan merusak suara yang di keluarkan gitar.
  • Menggunakan senar yang berharga murah dan berkualitas buruk, akan membuat senar lebih mudah putus dibandingkan dengan yang berkualitas bagus. Karena itulah, jangan terlalu senang dulu jika mendapatkan senar dengan harga yang sangat murah.
  • Meskipun kita sudah menggunakan senar dengan kualitas bagus, namun jangan lupa bahwa senar juga memiliki batas waktu pemakaian. Jika kita tidak pernah mengganti senar, jangan heran jika tiba-tiba senar gitar putus begitu saja ketika sedang kita gunakan.

Selain mengerti cara memainkannya, memahami cara perawatan senar gitar agar tidak mudah putus juga menjadi hal yang penting bagi seorang gitaris. (Yv)

1 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...