Sayur Dan Buah Untuk Kesehatan Jantung

Sayur Dan Buah Untuk Kesehatan Jantung
Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting bagi kita. Jantung berfungsi untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh sehingga kita dapat beraktivitas dengan sehat dan segar dengan normal. Menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang wajib kita lakukan jika kita tidak ingin terjangkit penyakit yang beraneka rupa. Tentunya, cara termudah untuk melindingi jantung kita adalah dengan menjaga gaya hidup kita. Mulai dari menjaga waktu tidur, mengurangi asupan alkohol, berolahraga seperlunya, dan juga mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Cara ini tentunya lebih murah jika dibanding mendatangi dokter spesialis jantung untuk berobat. Kita bisa mulai dengan cara yang paling sederhana, yakni dengan mengonsumsi sayur dan buah. Lalu, makanan apa sih yang terbaik untuk kesehatan tubuh kita? Simak daftar berikut ini.

Bayam 
Tahukah Anda bahwa bayam memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung? Bayam memilki kadar nitrat yang tinggi sehingga baik untuk jantung kita.

Brokoli
Sayuran ini memiliki banyak keuntungan untuk tubuh kita. Salah satunya adalah mengandung senyawa antioksidan yang berguna untuk kesehatan jantung.

Semangka
Buah menyegarkan yang mengandung banyak air ini ternyata memiliki senyawa alami berupa lycopene. Lycopene memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko kanker sebesar 55% pada tubuh kita.

Nanas
Vitamin C yang ada di dalam nanas mampu melawan radikaL bebas dan membantu jantung untuk melindungi molekul-molekul lain yang dapat terjangkiti virus penyakit.

Jeruk
Sama seperti nanas yang memiliki kandungan vitamin C, jeruk juga memiliki 3 gram fiber atau serat yang bisa mengurangi kadar kolesterol. Ada pula potasium dan mineral yang bisa menjaga tekanan darah.

Anggur
Buah anggur, terutama yang berwarna merah dan ungu banyak mengandung flavonoid dan resveratrol yang dapat meningkatkan kesehatan sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

Apel
Kandungan fitonurtrien dan pectin banyak ditemukan di dalam buah apel. Kedua zat ini berfungsi untuk mengurangi kolesterol jahat untuk menambah HDL atau kolesterol baik.

Alpukat
Buah ini mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu kandungan terbaik dari buah alpukat adalah kalium dan natrium. Kedua zat ini dapat mengontrol ketegangan di arteri dan mengurangi kolesterol. (Tr)

1 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...