Waspada Radiasi Ponsel Terhadap Janin

Waspada Radiasi Ponsel Terhadap Janin
Bagi seorang wanita yang sedang mengandung, menjaga kehamilan bukanlah hal yang mudah. Ada banyak sekali hal-hal yang harus dilakukan atau dijauhinya agar janin dapat berkembang secara sehat. Tidak hanya beberapa jenis makanan saja yang harus dikonsumsi atau dihindari oleh mereka, namun juga beberapa kegiatan. Berbagai hal tersebut, biasanya akan mereka dapatkan dari dokter kandungan saat melakukan konsultasi kehamilan. Salah satu hal yang biasanya diingatkan oleh dokter kandungan pada wanita yang sedang mengandung, yaitu mengenai pengaruh radiasi ponsel terhadap perkembangan janin.

Peringatan yang dilakukan dokter kandungan mengenai masalah ini adalah hal yang wajar, mengingat betapa pentingnya ponsel bagi masyarakat secara umum. Ponsel sudah menjadi barang yang wajib ada dimanapun kita berada. Apalagi setelah hadirnya smartphone yang membuat kita mudah untuk mengakses internet, social media, bermain game dan melakukan hal lainnya. Hal ini membuat kita merasa kesulitan jika tidak ada ponsel di dekat kita. Padahal, penggunaan ponsel ini sangatlah berbahaya jika dilakukan secara berlebihan, apalagi jika dilakukan oleh seseorang yang sedang hamil.

Radiasi ponsel ini dapat mempengaruhi perkembangan janin, dan bahkan bisa menyebabkan ibu mengalami keguguran jika usia janin masih terlalu muda. Jika janin dapat bertahan, radiasi ini juga berpotensi mengganggu perkembangan otak bayi dalam janin. Hal ini dikarenakan otak bayi yang masih sangat sensitif sehingga mudah terganggu atau rusak akibat adanya paparan radiasi dari lingkungan sekitarnya. Kerusakan ini dapat membuat anak akan memiliki masalah pada memorinya, atau gangguan perilaku pada anak.

Menghindari penggunaan ponsel mungkin tidak bisa kita lakukan, namun kita dapat mengurangi dampak negatif penggunaan ponsel dengan cara berikut ini:
  • Gunakan ponsel hanya saat kita butuhkan saja, dan kembali letakkan ponselsetelah urusan kita selesai.
  • Kurangi kebiasaan untuk bermain game atau berinternet secara aktif dengan ponsel.
  • Jauhkan ponsel dari tubuh kita, terutama disekitar area rahim.
  • Jangan letakkan ponsel di saku celana saat kita bepergian. Sebaiknya, letakkan ponsel di dalam tas. 
Memang ponsel penting sebagai alat untuk berkomunikasi, namun jika melihat dari sisi negatifnya masih kah dalam 24 jam menggunakan ponsel ? (Yv)

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...