Memulai Bisnis Properti

Memulai Bisnis Properti
Bisnis properti di Indonesia semakin menjanjikan saja akhir-akhir ini. Dengan lingkup jenis-jenis bisnis properti yang semakin luas dan menjamurnya perusahaan real estate di Jakarta, tentunya semakin banyak masyarakat yang ingin terjun ke dalam bisnis ini. Namun demikian, seringnya tidak jarang banyak pelaku bisnis yang justru terjebak di tengah arus bisnis tanpa tahu apa yang seharusnya dilakukan. Bukannya meraup keuntungan, yang terjadi justru sebaliknya. Nah, tentunya sebelum memulai bisnis properti, kita harus mempersiapkan diri dengan matang. Banyak hal yang harus dipersiapkan, di antaranya:
  • Mempelajari seluk beluk bisnis properti. Langkah pertama untuk memulai sebuah bisnis adalah mempelajari teori-teori bisnis. Memang benar bahwa praktik lebih penting dibanding teori, namun bagaimana bisa ketika melakukan action yang benar tanpa mendapatkan input yang tepat? Belajar itu perlu, jadi pelajarilah buku-buku bisnis dan ikuti seminar-seminar yang banyak diadakan seputar dunia bisnis.
  • Menentukan jenis bisnis apa yang ingin dilakukan. Perlu diketahui, bisnis properti memiliki banyak sekali jenis-jenis bisnis. Tentukan bisnis seperti apa yang ingin kita lakukan lalu fokuslah di bidang tersebut. Persiapkan matang-matang mengenai bisnis properti tersebut dan catat poin-poin apa yang harus dicapai. 
  • Menggali informasi dan banyak bertanya.. Tentunya, kita sudah pernah mendengar pepatah “Malu bertanya, sesat di jalan” kan?. Agar bisnis kita dapat berjalan lancar, jangan pernah takut untuk bertanya. Temui ahli di bidang bisnis properti atau orang-orang yang sudah lama berkecimpung di bidang bisnis. Ajak berdiskusi, dengarkan kisah-kisahnya sejak membangun usaha hingga sekarang. Kita akan terkejut dengan banyaknya ilmu yang bisa diserap hanya dari obrolan ini. Pengalaman adalah guru yang paling berharga, bukan?
  • Mengumpulkan modal. Setelah mempunyai target dan memiliki pengetahuan yang cukup seputar dunia bisnis properti, kini saatnya untuk mengumpulkan modal. Mengumpulkan modal merupakan hal yang susah-susah gampang, namun bukan berarti tidak bisa diakali. Persiapkan modal yang cukup untuk memulai bisnis.
  • Mempersiapkan lokasi. Setelah modal sudah didapat, lantas apalagi yang harus dilakukan? Jawabannya adalah tentukan lokasi bisnis. Di mana kita ingin membangun lahan bisnis properti kita? Pertimbangkan jarak tempuh dari jalan raya dan tempat-tempat publik yang tersedia di sekitar lahan bisnis kita. Semakin mudah dijangkau, tentunya akan semakin banyak peminat, bukan?
  • Menjalankan strategi marketing. Setelah lokasi sudah siap dan bangunan sudah jadi, jalankan strategi marketing untuk memasarkan bisnis properti kita. (Tr)

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...