Kenapa Memilih Offset?

jasa offset printing
Sejak ditemukannya percetakan modern oleh Johannes Gutenberg pada abad ke-15, teknologi cetak sudah sangat berkembang seiring kebutuhan cetak yang semakin bervariasi. Hampir semua bisnis dan penyelenggara acara saat ini membutuhkan jasa cetak dalam jumlah besar untuk keperluan promosi atau penyebaran informasi. Inilah salah satu alasan yang membuat jasa offset printing Jakarta sangat populer.

Offset printing adalah teknik cetak di mana bahan yang ingin dicetak ditransfer, atau di-offset dari pelat cetak ke lempengan karet, yang lalu dipakai untuk mencetak di media cetak. Proses cetak offset modern biasanya langsung mencetak isi cetakan pada gulungan kertas besar yang dimasukkan ke dalam mesin cetakan, yang lalu akan dipotong sesuai kebutuhan.

Proses cetak offset memiliki dua asal-usul, yang pertama dikembangkan oleh Robert Barclay di Inggris pada tahun 1875 untuk mencetak di permukaan timah. Pada saat itu, media ini populer karena banyak dipakai untuk membungkus produk-produk makanan. Inovasi cetak offset kedua dikembangkan oleh Ira Washington Rubel di Amerika pada tahun 1904 untuk mencetak di kertas, untuk membuat kopi dari foto dan buku.

Di masa modern ini, percetakan offset adalah salah satu cara yang paling sering digunakan untuk membuat materi cetak. Beberapa penggunanya antara lain industri koran, industri majalah, percetakan brosur, dan penerbitan buku. Dibandingkan dengan metode cetak lainnya cetak offset paling ekonomis jika digunakan untuk cetakan jumlah besar.

Beberapa kelebihan cetak offset dibandingkan metode cetak lain antara lain:
  • Kualitas gambar yang bagus dan konsisten, karena lempeng karet akan selalu mengikuti bentuk dari media cetak.
  • Pembuatan pelat cetak yang mudah dan cepat.
  • Karena tidak ada kontak langsung antara pelat dan media cetak, pelat dapat bertahan lama bahkan hingga lebih dari satu juta cetakan.
  • Untuk cetak dalam jumlah besar, cetakan offset adalah metode yang paling ekonomis dengan kualitas paling baik.

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, tidak heran jika metode cetak offset menjadi pilihan utama hampir semua percetakan modern, karena kualitas dan terjangkaunya harga untuk cetak dalam jumlah besar. (Dana)

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...