Tips Perawatan Air Conditioner

Informasi Dan Tips Menarik - Air Conditioner (AC) atau mesin pendingin ruangan tentu nya sekarang akan dengan mudah untuk kita jumpai di setiap rumah. Air Conditioner (AC) atau mesin pendingin adalah perangkat elektronik yang sudah seharusnya dilakukan perawatan secara rutin. Apalagi AC tersebut di beli dari dealer atau distributor resmi air conditioner indonesia di mana memang ada masa garansi nya. Tapi dengan ada nya masa garansi yang diberikan oleh para distributor resmi air conditioner indonesia, para pengguna justru malas melakukan perawatan rutin sendiri.

Perawatan air conditioner (AC)
Perawatan air conditioner (AC) atau mesin pendingin harus nya dilakukan secara rutin, sehingga air conditioner dapat tahan lama dan tidak mudah rusak. Selain itu, jika air conditioner (AC) ini tidak dirawat, maka akan menimbulkan polusi udara pada ruangan yang menggunakan ac tersebut. Akibat nya bisa menjadi tempat untuk penyebaran penyakit salah satu nya penyakit pernafasan. AC yang kotor, ini akan menjadi tempat bersarang nya virus dan bakteri. Jika ini dibiarkan terus menerus maka akan mnyebar ke seluaruh ruangan dan akan lebih mudah terhirup oleh para penghuni ruangan. Berikut ini beberapa tips perawatan untuk AC ruangan :

  • Matikan AC jika tidak digunakan
Hal ini merupakan salah satu perawatan AC untuk membuat AC menjadi tahan lama dan tidak mudah rusak. Untuk mematikan AC ini jika Anda ingin bepergian dalam waktu yang lama. Selain sebagai cara perawatan AC, hal ini juga akan mengurangi beban biaya listrik yang digunakan untuk pengoperasian AC. Atau bisa juga dengan mematikan AC sekitar 1 atau 2 jam setiap hari, namun ini disesuaikan dengan kondisi udara. Bila perlu gunakan timer yang merupakan fasilitas dari AC. Ketika AC sedang dimatikan, maka bukalah jendela  dan pintu selebar mungkin untuk memudahkan pertukaran udara. Namun ini sering dianggap sepele dan cenderung diabaikan oleh para pengguna AC karena masih ada nya garansi yang diberikan para distributor air conditioner indonesia
  • Jaga juga kebersihan AC
Untuk menjaga kebersihan AC, pasti untuk memeriksa komponen saringan atau filter udara yang terdapat pada AC. Minimal lakukan pemeriksaan dan membersihkan saringan udara ini 1 bulan sekali. Penyaring udara yang kotor pasti nya akan menghambat proses sirkulasi udara dan sekaligus akan menjadi tempat yang nyaman bagi virus dan bakteri untuk berkembang biak. Komponen ini merupakan komponen vital bagi sebuah AC, karena dengan kotor nya saringan pada AC pasti akan akan mempengaruhi kinerja mesin pendingin menjadi lebih berat dan akibat nya tidak akan mampu menghasilkan udara dingin yang maksimal dan boros terhadap pemakaian listrik.
  • Selektif dalam penggunaan AC 
Ini dimaksudkan untuk meminimalisasi penggunaan AC jika terdapat salah satu anggota keluarga yang sedang sakit, karena virus dan kuman nya akan lebih mudah tersebar dengan AC. Cara ini juga berlaku untuk anggota keluarga yang merokok di dalam ruangan, sebaiknya AC digunakan minimal mungkin.
  • Cek kondensor AC
Kondensor AC biasa nya diletakkan di luar rumah dan pastikan itu bersih dari debu. Jika ingin membersihkan kondensor AC, maka matikan AC  dan gunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya.
  • Panggil teknisi pembersih AC
Jika Anda sibuk dan tidak sempat untuk membersihkan dan merawat AC, mintalah bantuan dari teknisi pembersih AC yang sudah dipercaya dan lakukan hal ini minimal 6 bulan sekali. Perawatab AC ini dilakukan tidak hanya demi kesehatan keluarga dan membuat AC menjadi tidak mudah rusak sekaligus cara sebagai tindakan penghematan listrik.
Ternyata melakukan perawatan AC untuk ruangan mudah dilakukan bukan ? Selamat mencobanya. –apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...