Seluk Beluk Asuransi Jiwa

Seluk Beluk Asuransi Jiwa
Jika Anda menanyakan sebuah solusi untuk perlindungan diri dan keluarga untuk masa depan, tentu jawabannya adalah pasti Asuransi Jiwa. Tentu asuransi jiwa ini menjadi sangat tepat, karena resiko hidup tentu akan kita alami namun memang kita tidak akan pernah tahu kapan itu terjadi. Oleh karena itu asuransi jiwa bisa dikatakan sebagai sarana atau media untuk memproteksi diri pribadi atau keluarga terhadap resiko hidup. Dari situlah, produk asuransi jiwa merupakan salah satu produk asuransi utama dari sebuah perusahaan asuransi. Dan ini menjadi penting untuk para nasabah mengetahui beberapa hal mengenai Seluk Beluk Asuransi Jiwa.

Pengertian Asuransi Jiwa


Pengertian asuransi jiwa adalah sebuah perjanjian yang mengikat dan dibuat oleh pihak asuransi dalam hal ini perusahaan asuransi dengan orang yang akan menggunakan layanan asuransi jiwa ini untuk mengcover semua bentuk resiko yang mungkin akan terjadi pada dirinya yang membahayakan kehidupannya.

Polis Asuransi Jiwa


Tentu sebuah perjanjian pasti akan bukti outentik, bisa berupa sebuah dokumen yang telah ditanda tangani kedua belah pihak. Begitu pul dengan perjanjian produk asuransi jiwa ini dibuat dalam bentuk fisik dan tercetak dalam bentuk formulir yang biasa disebut dengan polis asuransi.  Di dalam polis asuransi jiwa tersebut akan dijelaskan mengenai premi asuransi jiwa yang harus dibayarkan oleh para nasabah setiap bulannya.

Premi Asuransi Jiwa


Premi asuransi merupakan biaya iuran bulanan yang harus dibayarkan oleh setiap nasabah asuransi jiwa selama mengikuti produk asuransi tersebut. Besaran premi asuransi sendiri ditentukan oleh berapa besar jumlah yang akan diasuransikan. Oleh karena itu, pilih lah jenis asuransi yang sesuai dengan kondisi keuangan. Jangan pernah memaksakan jika memang tidak mampu mengambil asuransi dengan nilai yang besar.

Mitos Seputar Asuransi Jiwa


Ketika akan memutuskan untuk memutuskan untuk ikut dalam layanan asuransi, maka perlu diperhatikan beberapa hal seperti mitos seputar asuransi jiwa. Ini menjadi penting, sehingga Anda bisa lebih bijak dalam mengambil keputusannya. Berikut ini beberapa mitos seputar asuransi jiwa :
  • Usia muda dan single tidak memerlukan asuransi jiwa
Resiko hidup seperti kematian atau kapan kita sakit, tentu itu tidak bisa diprediksi. Bisa saja terjadi ketika usia kita masih terbilang muda dan belum menikah. Oleh karena itu tidak ada salahnya meskipun usia masih mudah dan belum berkeluarga untuk memiliki asuransi sebagai proteksi untuk hal-hal yang tidak diinginkan di masa yang akan datang.
  • Biaya premi asuransi jiwa terlalu mahal
Untuk biaya premi asuransi sendiri sudah dijelaskan di atas bahwa bisa diatur sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Selain itu faktor kemampanan dan usia juga bisa menentukan besar premi asuransi yang akan dibayarkan nantinya. Tidak hanya itu, biasa nya perusahaan asuransi akan memberikan pilihan waktu dalam membayar premi tersebut bisa tahunan atau bulanan.
  • Kebijakan asuransi jiwa semua sama
Tentu ini hanya mitos saja, karena kini banyak  produk asuransi jiwa pun bermacam-macam jenis nya. Mengikuti jenis nya, tentu kebijakan setiap produk asuransi jiwa pun akan berbeda-beda juga. Oleh karena itu, teliti lah ketika akan membeli produk asuransi jiwa.
  • Ibu rumah tangga tidak membutuhkan asuransi
Ini sangat jelas salah, karena fakta nya tentu tidak seperti itu. Ketika pasangan meninggal tentu, ibu akan bertindak sebagai kepala rumah tangga juga harus memenuhi semua kebutuhan hidup. Nah dengan adanya asuransi jiwa, kebutuhan hidup pun bisa dipenuhi. Tentu tidak bisa mengandalkan pada asuransi saja, si Ibu harus bisa bekerja dalam usaha pemenuhan kebutuhan tersebut.
  • Beli asuransi jiwa rumit
Mungkin ini terjadi karena dulu, perusahaan asuransi masih kekurangan sdm atau agen asuransi sehingga kita mengurus pengajuan nya harus datang langsung. Namun kini berbeda, semua perusahaan asuransi di Indonesia telah banyak memiliki agen asuransi yang bisa langsung mendatangi para calon nasabah di mana pun dan menjelaskan secara detail produk asuransi.

Nah dengan adanya informasi mengenai seluk beluk tentang asuransi jiwa ini bisa memudahkan dalam memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai produk asuransi ini. Jadi tidak akan ragu lagi dalam mengambil keputusan untuk ikut layanan asuransi. -apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...