Cerita Tentang Taksi

Taksi
Kini melakukan taxi order atau pesan taksi sudah jauh lebih mudah dan dapat diakses dari berbagai perangkat smartphone seperti android, iphone, dan blackberry. Tapi pernahkan kita tahu tentang Cerita Tentang Taksi ketika pertama kali diciptakan.

Taksi sendiri merupakan salah satu alat transportasi regular yang sudah umum dan banyak penggunanya. Alasan banyak orang  yang menggunakan taksi sebagai alat transportasi karena kenyamanan dan siap mengantar kemanapun sesuai  dengan permintaan penumpan.  Tentu mudah menemukan taksi karena sudah sangat mudah ditemukan disetiap ruas jalan.  Tetapi ada cerita seru dibalik taksi, apa saja ?

Konsep sebuah taksi  adalah alat tranportasi yang disewa berdasarkan jarak tempuh dan waktu. Konsep ini sebenarnya sudah lama ada, tepatnya zaman Romawi Kuno yang ketika itu masih menggunakan kereta kudan sebagai alat transportasi.  Kereta kuda ini menggunakan roda dan juga bola-bola kecil yang dikaitkan pada roda kereta kuda ini, dan dilepaskan satu persatu setiap jarak tertentu.

Baru pada tahun 1891 Wilhelm Bruhn warga negara Jerman berhasil menciptakan mesin argo untuk taksi modern. Istilah taksi ini muncul pertama kali diciptakan oleh Harry Nathaniel Allen dari perusahaan transportasi The New York Taxicab Co yang pada saat ini menjadi pengimpor taksi sebanyak 600 unit dengan bahan bakar dari Prancis.  Nama taksi sendiri diambil dari kata taximeter cabriolet, di mana tax itu “pajak” dan cabriolet adalah “kereta kuda”.

Warna-warna yang dipilih sebagai cat taksi adalah warna terang untuk mudah dilihat dari kejauhan. Karena itu sekarang taksi dicat dengan pilihan warna terang seperti Blue Bird warna biru langit, express dengan putih terang, dan taksi lainnya. Ini juga menjadi ciri khas dari perusahaan taksi tersebut.

Pada umumnya di Indonesia, para penumpang taksi akan membayar sejumlah uang tergantung jaraknya yang ada diargo. Tapi lain negara pasti lain juga cara pembayaran, seperti di Belanda yang menggunakan sistem pembayaran dengan tariff per orang. Tarif taksi akan dihitung berdasarkan tariff taksi, lama menunggu dan jarak. -apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...