Tertarik Coba Bisnis Kopi? Ini Langkah dan Tipsnya

Berita bisnis terkini kali ini bicara soal bisnis kopi kini sedang menjadi trend di Indonesia, di mana kini banyak kedai-kedai kopi yang menawarkan berbagai jenis kopi khas dari Indonesia. Bahkan bisa dikatakan ini sebagai salah satu bisnis yang paling menguntungkan loh dan bukan trend saat ini saja, karena hobi minum sudah menjadi budaya yang yang turun menurun di masyarakat Indonesia. Selain itu penikmat kopi di Indonesia cukup merata, mulai dari anak yang kekinian atau biasa disebut generasi milenial hingga orang tua pun juga suka minum kopi. 

Bisnis Kopi Indonesia
Sumber Gambar: Tirto.id

Kenapa bisnis kedai kopi di Jakarta dan Indonesia ini manjadi marak, karena seperti dikutip dari situs CNBCindonesia.com bahwa berdasarkan data bahwa Indonesia menempati urutan ke-4 produsen kopi terbesar di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolumbia. Bahkan prediksi yang juga diambil dari situs C NBCindonesia.com jumlah konsumsi kopi nasional di Indonesia akan mencapai 370 ribu pada 2021 nanti. Kedua faktor ini bisa menjadi peluang besar untuk mencoba berwirausaha dalam bisnis kedai kopi ini. Tertarik buka bisnis kopi di wilayah sekitar rumah Anda? Simak beberapa langkah dan tipsnya berikut

Hobi Minum Kopi


Pilih biji kopi yang kualitas bagus, namun harga murah


Biji kopi kualitas terbaik akan menentukan rasa kopi yang diminum nantinya. Oleh karena itu, pastikan selektif memilih jenis dan biji kualitas terbaik. Karena di Indonesia banyak wilayah produsen kopi, ini akan semakin memudahkan dalam proses pemilihan. Selain kualitasnya bagus, memilih biji kopi juga harus mempertimbangkan harganya, dan usahakan pembelian biji kopi langsung ke si produsen sehingga budget bisa ditekan.

Siapkan modal yang cukup


Berdasarkan video yang dikutip dari CNBC Indonesia (22/2/2019) tentang Bisnis Kopi Susu, bahwa untuk membuka kedai kopi ini dibutuhkan modal sekitar 30-50 juta untuk membuat kopi secara manual. Modal ini tentu bisa lebih karena, dibutuhkan branding di awal sebagai salah satu cara promosi baik secara online atau offline. Jangan khawatir soal modal untuk branding, karena beberapa brand kopi sudah buat franchise sehingga soal branding lebih mudah dan bisa dibantu. 

Buat layanan online jasa pesan antar

Kedai Kopi Kulo

Soal layanan, untuk menjalani bisnis kopi memang butuh tempat yang nyaman sehingga para pengunjung betah berada di kedai atau warung kopi tersebut. Namun pastikan kedai kopi Anda harus menambah pelayanan dengan kerjasama dengan jasa pesan antar online seperti Grab atau Gojek. Ini dilakukan karena layanan pesan antar online kini peminatnya sangat banyak sehingga jika dilihat pasti pemesanan online ini akan lebih banyak dari pesan datang langsung.

Semoga bermanfaat yah dan selamat mencoba!

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...