Cara Mudah Menyambung Pipa PVC Tanpa Bocor

Pipa PVC merupakan pipa saluran air yang paling populer digunakan di Indonesia khususnya untuk penggunaan dalam rumah tangga. Pemasangannya mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus, jadi Anda bisa memasangnya sendiri di rumah. Namun, dalam pemasangan, perlu ekstra hati-hati karena kebocoran bisa terjadi pada sambungan pipa. Baik pipa PVC untuk air minum maupun hidroponik, kebocoran tetap bisa terjadi dan ini diakibatkan oleh beberapa faktor. Nah, agar pemasangan pipa Anda bisa sempurna, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di bawah ini beberapa di antaranya.

Tujuan Kegunaan


Meskipun digunakan di dalam rumah tangga, Anda harus membedakan apakah pipa tersebut digunakan untuk mengalirkan air minum atau air pembuangan. Nah, jika Anda ingin menyalurkan air minum, maka Anda bisa menggunakan PVC ukuran diameter 1 1/2 inchi hingga 1 1/5 inchi. Namun, jika digunakan untuk mengalirkan air buangan, maka Anda sebaiknya menggunakan PVC berukuran 2 inchi sampai 4 inchi. Air pembuangan ini termasuk buangan air hujan, pembuangan air kamar mandi, toilet dan cucian dan pembuangan kotoran. 

Cara Mudah Menyambung Pipa PVC Tanpa Bocor

Ini kaitannya dengan tekanan air dan debit air. Distribusi air minum pasti bersih dan tekanannya rendah sehingga pipa PVC ukuran kecil mencukupi. Namun, untuk air buangan seperti air hujan yang terkadang deras dan ada kotorannya, butuh ruang lebar untuk membuangnya sehingga pipa tidak mampet. Jika kita memaksa untuk untuk menggunakan ukuran yang tidak standar ukurannya, maka akan terjadi kebocoran pada sambungan.  


Drat dan Sambungan Pipa


Untuk menyambung pipa PVC Wavin, Maspion atau ukuran lainnya, Anda memerlukan aksesoris, yaitu sambungan. Sambungan ini ada yang memiliki drat dan tidak. Nah, agar sambungan Anda bisa sempurna dalam artian tidak terjadi kebocoran, maka tiap sambungan harus dimasukkan secara pas. 

Sambungan drat akan mudah diterapkan. Asal Anda melakukannya dengan kencang, maka tidak akan bocor. Namun, untuk sambungan tanpa drat, maka sebaiknya Anda menggunakan perekat. Ada dua macam perekat: adhesive (yang kering dalam waktu 1-2 jam), dan solvent cement (yang bisa kering dalam waktu 6-24 jam). Meskipun lama, justru hasil rekatan akan semakin kuat. Dengan begitu, sambungan pipa PVC Anda tidak akan bocor.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...