Kekuatan Sebuah Tekad untuk Mencapai Tujuan

Apakah Anda termasuk ke dalam golongan orang yang serius dalam mencapai tujuan? Jika ya, bagaimana cara Anda mendapatkan tujuan tersebut? Apa yang Anda kejar dari pencapaian sebuah impian? Apakah penghargaannya atau malah self-satisfication karena telah berhasil melakukan challenge untuk diri sendiri? Sebuah pencapaian tidak bisa diraih dalam waktu satu malam. Butuh tekad kuat dan juga kemauan untuk mewujudkannya. 

Mencapai Tujuan
Mencapai Tujuan

Tapi, tekad tidak bisa semudah itu diandalkan. Tekad itu bekerja layaknya otot. The more we train it, the better it gets. Penelitian sudah membuktikan bahwa semakin sering kita menggunakannya, maka tekad kita akan semakin besar seiring dengan berjalannya waktu. Sebab, kita menjadi semakin terbiasa dan hal-hal yang sebelumnya terasa sulit kini terasa begitu ringan karena kita telah melakukannya sepanjang hari. Namun demikian, kita juga harus berhati-hati dengan tekad ini. Jika kita terus melakukan sesuatu yang tidak kita suka, tekad kita mungkin akan semakin terasah namun di sisi lain akan membuat kita merasa lelah. 

Contohnya saja ketika kita memaksa diri untuk mempelajari sesuatu yang tidak kita suka. Saat belajar, mungkin kita akan merasa baik-baik saja sebab kita sudah mengeluarkan apa pun itu—tekad, semangat, kemauan, and whatever it takes—untuk membantu kita fokus pada pelajaran. Dan ketika pelajaran itu berakhir, kita merasa amat sangaaat lelah. Sebab kita telah menggunakan energi kita dan memaksa diri untuk mengerjakan sesuatu yang sebenarnya tidak kita inginkan. 

Kekuatan Sebuah Tekad Untuk Mencapai Tujuan
Kekuatan Sebuah Tekad Untuk Mencapai Tujuan

Kapan waktu terbaik untuk menumbuhkan tekad ini? Jawaban saya adalah di pagi hari. Setelah beristirahat cukup dengan tidur nyenyak di malam hari, pagi adalah saat yang tepat untuk mulai mengerjakan sesuatu dan mengejar mimpi kita. Ingin menjadi penulis? Mulailah berlatih dengan menulis di pagi hari. Ingin lebih rajin berolahraga? Maka, ambil sedikit waktu di pagi hari sebelum beraktivitas untuk menggerakan badan.

Akan tetapi, tentunya hal ini tidak semudah kedengarannya, bukan? Ya, no one can do this in the morning. Untuk itu, kita memerlukan satu kunci agar bisa melakukan ini: fokus. Usahakan untuk fokus pada tujuan dan tidak membelah-belah konsentrasi. Setelah berhasil fokus dan melakukannya secara konsisten, maka tidak heran jika tujuan bisa didapat karena usaha pribadi :D 

Maka, setelah tujuan Anda tercapai, inilah saatnya untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri. Bisa dengan memberikan beauty treatment, pergi vakansi, belanja dengan voucher belanja sodexo di merchant sodexo, makan enak, atau bahkan tidur seharian. Yang mana saja penghargaan yang Anda pilih, kenikmatan yang sesungguhnya adalah ketika Anda berhasil menguatkan tekad Anda dalam berusaha. 

Selamat mencoba! -Sh-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...