Tips-Tips Kecil Mencegah Kanker

Tips Cegah Kanker
Sebagian besar masyarakat mengenal penyakit kanker sebagai suatu penyakit mematikan dan tidak berbeda jauh dengan vonis mati bagi penderitanya. Hal ini wajar saja, mengingat sebagian besar penderita kanker tidak dapat terobati dan akhirnya meninggal. Belum lagi, gambaran berbagai media tentang penyakit ini membuat kanker menjadi suatu hal yang sangat menakutkan. Karena itulah, spesialis kanker dan ahli medis lainnya seringkali memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai beberapa cara yang bisa menurunkan risiko seseorang terkena kanker
  • Jangan mengisi BBM pada kendaraan secara berlebihan yang beresiko membuat kelebihan BBM ini tumpah dan mengenai kulit kita, atau masuk ke dalam kendaraan (mobil). BBM ini bersifat karsinogenik, sehingga akan berbahaya jika terkena kulit langsung atau terhirup masuk ke dalam tubuh.
  • Sering-seringlah minum kopi. Ditemukan bahwa mereka yang minum 5 cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko kanker otak yang 40% lebih rendah. Tetapi, ini hanya berlaku untuk kopi yang berkafein, bukan decaf. Teh juga membantu mengurangi risiko kanker otak, walaupun efeknya tidak sekuat kopi. Namun yang harus diingat, kopi juga memiliki efek negatif jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena itulah, jika ingin melakukan hal ini ada baiknya jika mendiskusikannya terlebih dahulu pada ahli medis.
  • Seringlah minum air putih untuk mengurangi risiko kanker kandung kemih. Setidaknya minumlah 8 gelas air sehari.
  • Perbanyak makan sayuran hijau, karena klorofil memberikan magnesium, yang ditemukan dapat mengurangi risiko kanker usus besar.
  • Tingkatkanlah konsumsi kalsium. Sering-seringlah minum susu dan keju untuk mengurangi risiko kanker usus besar.
  • Tetaplah peka dengan rasa sakit, karena beberapa rasa sakit yang spesifik dapat menjadi pertanda-pertanda kanker.
  • Hindarilah scan yang tidak perlu, karena CT scan memancarkan radiasi lebih banyak daripada x-ray
  • Penggunaan laundry juga sebaiknya dikurangi, karena bahan bernama perchloroethylene seringkali digunakan dan menyebabkan kanker hati dan ginjal, serta leukemia.

Dengan tips-tips ini, diharapkan risiko kanker masyarakat dapat ditekan dan masyarakat juga lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, agar kanker sebisa mungkin dapat dihindari. (Dana)

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...